Seputar Kampus

SBMPTN TELAH DIBUKA! BEGINI SKEMA BARU PENERAPAN MASUK PTN 2019

Editor : Lenny Agustina Aritonang

 ___

SBMPTN 2019 resmi dibuka pada 10 Juni 2019, pukul 13.00. Namun ada yang berbeda pada proses penyeleksian masuk perguruan tinggi tahun ini. Di mana mulai tahun 2019 Kemenristekdikti akan memberlakukan kebijakan di bidang seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Berdasarkan laman https://ristekdikti.go.id, LTMPT merupakan lembaga nirlaba penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru. LTMPT berfungsi: (1) mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN; (2) melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Maka Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) telah resmi dihapuskan. Dan digantikan hanya dengan satu metode yakni, tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Adapula upaya agar kelak UTBK berbasis Android diberlakukan, saat ini UTBK berbasis Android ini masih dalam tahap pengembangan.

Apabila di tahun sebelumnya para calon mahasiswa baru harus melakukan pendaftaran masuk PTN terlebih dahulu lalu mengikuti tes, maka tahun ini peserta terlebih dahulu melakukan tes – yakni tes UTBK, di mana nantinya lewat tes tersebut diperoleh nilai yang akan dipakai pada seleksi masuk perguruan tinggi.

Tes UTBK telah berlangsung selama periode Maret-Mei 2019 (12 hari), sebanyak 24 gelombang tiap hari Sabtu dan Minggu. Peserta Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019 mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali, dengan membayar uang pendaftaran UTBK sebesar Rp. 200.000 pada setiap tes. Dan materi tes yang dikembangkan dalam UTBK 2019 adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA). Untuk TKA ada dua kelompok ujian, yakni SAINTEK dan SOSHUM.

Maka alur untuk mengikuti SBMPTN 2019 adalah tes UTBK dahulu, memperoleh skor, lalu mendaftar untuk mengikuti seleksi PTN berdasarkan perolehan nilai. Menurut kementerian pendidikan hal ini demi memperkecil tingkat kegagalan, di mana para peserta dapat memilih program studi dan universitas dengan menyesuaikan skor UTBK yang telah diperoleh.

LALU BAGAIMANA TATA CARA PENDAFTARAN SBMPTN 2019?

Para peserta yang akan mengikuti seleksi SBMPTN melakukan pendaftaran lewat link https://pendaftaran-sbmptn-2.ltmpt.ac.id/. Untuk melakukan pendaftaran peserta harus memasukkan email dan password yang sebelumnya digunakan pada UTBK. Pendaftaran SBMPTN 2019 ini akan ditutup pada 24 Juni 2019 dan hasilnya diumumkan pada 9 Juli 2019 pukul 15.00 WIB.

Persyaratan mengikuti SBMPTN 2019 :

 

  • Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  • Memiliki Nilai UTBK.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Memiliki NISN.
  • Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
  • Tidak lulus jalur SNMPTN 2019

Pendaftar dapat memilih PTN dan program studi dengan ketentuan, yaitu pendaftar memilih paling banyak dua PTN dan paling banyak dua program studi dalam satu atau dua PTN. Bagi pemilih program studi olahraga dan seni harus mengunggah borang portofolio, tata caranya dapat dilihat lewat link https://download.sbmptn.ac.id.

Tag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close