Medan – Kreatifonline.com- Buah-buahan merupakan sumber makanan yang banyak diminati orang, setiap orang pasti memiliki buah favoritnya masing-masing. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengkonsumsi buah-buahan yaitu ada yang suka dicampur dengan bumbu, ada yang suka dibuat jus dan ada yang suka mengkonsumsinya secara utuh tanpa diolah, semuanya dapat kita lakukan sesuai dengan selera.

Selain itu ada hal menarik dari cara kita mengkonsumsi buah-buahan ini, orang tua zaman dahulu lebih sering mengkonsumsinya setelah makan. Kata mereka sih sebagai pencuci mulut atau dessert setelah makan berat. Biasanya buah yang identik sebagai dessert adalah pisang dan semangka. Hal ini sudah menjadi turun temurun bagi kita, kita juga mempercayai bahwa makan buah setelah makan berat akan banyak manfaatnya bagi tubuh kita.

Namun setelah di teliti ternyata waktu yang paling tepat untuk mengkonsumsi buah adalah sebelum makan atau ketika perut kosong. “Kenapa harus saat perut yang kosong? Bukankah nanti akan menimbulkan banyak masalah pencernaan?” Statement ini bukan tanpa alasan, ternyata setelah dilakukan penelitian. Jika kita mengkonsumsi buah-buahan setelah makan maka buah-buahan tersebut akan membusuk dan menghasilkan gas, sehingga sari-sari buah yang telah dikonsumsi akan terbuang dengan percuma, dan malah akan menimbulkan gangguan pencernaan. Tetapi jika buah di konsumsi sebelum makan berat atau saat perut kosong, maka sari-sari buah tersebut akan mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Sehingga tubuh dapat memanfaatkan nutrisi yang ada pada buah. Dengan kondisi seperti ini buah dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan dapat mempercepat rasa kenyang. Nah, bagi orang yang sedang diet akan menguntungkan baginya, karena dengan makan buah sebelum makan berat akan membuatnya merasa kenyang lebih cepat.

“Lalu bagaimana dengan orang yang mengalami gangguan pencernaan seperti maag dan lain-lain, apabila mereka mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti pisang sebelum makan, bukankah akan meningkatkan kadar asam lambungnya?”

Bukan berarti harus makan buah-buahan saat perut kosong, kita menyampingkan hal penting lainnya. Bagi orang normal tentunya hal ini tidak berpengaruh, namun bagi orang yang mengalami ganggguan pencernaan tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C. Jjika orang normal dapat mengkonsumsi 3-5 buah sebelum makan berat, maka untuk penderita maag hanya perlu mengkonsumsi 1-2 buah saja sudah cukup untuk mengisi energi sebelum makan berat. Selain itu apabila anda tetap ingin mengkonsumsi buah setelah makan, maka anda harus menunggu jeda waktu 3 jam untuk memastikan bahwa makanan sebelumnya yang telah dikonsumsi benar-benar sudah tercerna dalam sistem pencernaan kita, karena makanan berat yang kita makan memerlukan waktu yang lama untuk memprosesnya dalam pencernaan kita.

Jadi, apabila kita menerapkan pola makan seperti ini maka akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang tubuh kita.

Jumlah kunjungan: 219 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.