Kreatifonline.com–  Pemuda merupakan ujung tombak perubahan bangsa. Dilihat dari sudut pandang sejarah, pemuda merupakan golongan yang melakukan berbagai perubahan ke arah yang lebih baik demi kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia. Pemuda juga identik dengan sosok individu yang berusia produktif dan mempunyai karakter yang khusus yaitu revolusioner, optimis, berpikiran maju, memiliki moralitas, dan berjiwa muda. Di dalam sejarah Indonesia, pemuda disebut sebagai salah satu pelopor kemerdekaan Indonesia. Jika diingat kembali ada banyak cerita tentang pemuda di dalam lembaran sejarah Indonesia.
Potret mahasiswa masa kini adalah potret pemuda sekarang. Mahasiswa sering disebut sebagai “generasi muda” yang akan menjadi tombak perubahan bangsa, yang akan memberantas korupsi, menegakkan hukum, dan mengembalikan hak-hak rakyat. Namun, sangat disayangkan karena sebutan generasi muda bukan lagi hal yang menggetarkan hati sebagian pemuda, sebutan itu sudah tidak berarti lagi seiring perkembangan jaman. Para pemuda telah lupa dan mungkin sudah tidak lagi peduli terhadap kepercayaan bangsa dan rakyat yang telah diamanahkan kepada mereka.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai aktivitas sebagian mahasiswa yang banyak menghabiskan waktu untuk bersantai-santai dan melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat. Di saat banyak pemberitaan tentang rakyat yang tertindas, golongan politikus yang melakukan tindakan korupsi, keadilan dan hukum yang belum juga mampu ditegakkan, dan konflik antar suku, sebagian mahasiswa bungkam dan tidak mengetahui keadaan yang kacau balau ini.
Eksistensi para pemuda saat ini telah luntur, hanya sebagian kecil yang mau menegakkan dan menyuarakan keadilan di Negara ini. Sebagian besarnya lagi telah disibukkan oleh sikap individualisme dan hedonisme. Lebih dari setengah mahasiswa Indonesia hanya disibukkan oleh aktivitas kampus seperti mengerjakan makalah, diskusi di kelas, lalu kembali ke kos. Banyak yang merasa tidak perlu ikut campur terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Negara dan penderitaan rakyat. Dan yang lebih mengiris hati adalah banyak para pemuda yang menjadikan status mahasiswa sebagai ajang untuk menghindari tanggung jawab di dalam keluarga. Hal ini tergambar dari kebiasaan mahasiswa saat ini yang suka menghabiskan waktu di area wifi atau bahkan di tempat yang menyediakan fasilitas memadai sehingga layak dijadikan tempat nongkrong sembari menghabiskan waktu bersama teman-teman.
Berbicara tentang pemuda juga akan mengingatkan kita kepada Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda adalah bukti otentik bahwa tanggal 28 Oktober 1928 Indonesia dilahirkan. Proses kelahiran bangsa Indonesia ini merupakan perjuangan para pemuda Indonesia yang sudah bosan dan tidak sanggup lagi melihat rakyat Indonesia ditindas oleh para penjajah. Masih lekat dalam ingatan bahwa tanggal 16 Agustus, para pemuda menculik Soekarno-Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Kebulatan tekad, keberanian dan rasa nasionalisme para pemuda akhirnya mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia. Catatan lain tentang pemuda dalam sejarah Indonesia adalah Gerakan Mahasiswa Indonesia pada tahun 1998. Gerakan ini menjadi puncak gerakan mahasiswa yang monumental dan dikenang karena berhasil memaksa Soeharto berhenti dari jabatan Presiden Republik Indonesia setelah 28 tahun menjabat presiden. Latar belakang terjadinya gerakan ini adalah karena terjadinya krisis ekonomi dan masyarakat banyak yang menderita karena kemiskinan. Dari berbagai kejadian ini dapat dilihat bahwa pemuda masa lalu adalah sosok yang berani menopang bangsa dan membela hak-hak rakyat. Namun, pemuda masa kini adalah sosok yang lebih mementingkan diri sendiri dan tidak peduli terhadap kepentingan rakyat. Pemandangan seperti ini tidak lagi mencitrakan pemuda Indonesia.
Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Ini adalah ucapan Soekarno yang dikutip dalam Penyambung Lidah Rakyat. Kalimat ini menunjukkan bahwa para pemuda memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan Negara.

Jumlah kunjungan: 470 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.