Medan – Kreatifonline.com– Sebagai salah satu organisasi pers mahasiswa di Kota Medan, Persma Kreatif dikenal eksis dalam perannya untuk menginformasikan berita kepada seluruh civitas akademika, baik dari majalah maupun berita online. Tidak hanya sebagai wartawan kampus, Persma Kreatif juga selalu menggelar Event akbar tiap dua tahunan yakni Gebyar Jurnalistik. Setelah dua tahun lalu, Persma Kreatif mengadakan acara serupa di pelataran gedung auditorium Unimed. Jika tahun lalu, Persma Kreatif mengundang Meutya Hafid, Jurnalis Metro TV yang kini terjun ke dunia politisi dan tahun ini, jurnalis yang di undang dari media nasional adalah Agus Suprianto, koresponden Trans TV.

Tema Gebyar Jurnalistik tahun 2015 adalah “ Konstruksi Sosial dalam Paradigma Humanistik “ dimana Persma Kreatif ingin mengajak seluruh masyarakat, khususnya kalangan mahasiswa dan peserta yang adalah anak-anak SMA untuk peka terhadap permasalahan sosial yang terjadi dikalangan masyarakat, seperti masalah kesenjangan, kemiskinan moral, kejahatan korupsi, serta masalah-masalah lain. Sebagai agent of change, Pers Mahasiswa Kreatif ingin terjun sebagai mediator peserta untuk berkarya dan berkompetisi melalui tema tersebut, khususnya mengangkat kembali sisi humanistik di kalangan muda-mudi.
Adapun acara yang diadakan oleh Persma Kreatif Unimed, diantaranya adalah : Sarasehan, Workshop Jurnalisme TV, Workshop Fotografi, Lomba Live Report, Lomba Mading 3D, Lomba Ilustrasi, Lomba Debat, Lomba Fotografi dan Lomba Menulis Cerpen. Khusus Lomba Debat, diadakan pada hari senin dan rabu dengan tiga juri diantaranya adalah Elnoviamy, Aulia Andri dan Fakhri Hutauruk. Peserta yang ikut dalam kompetisi debat dikhususkan bagi peserta dari mahasiswa Unimed dan yang mendaftar adalah sebanyak 16 Tim. Untuk Lomba Mading 3D, peserta yang ikut adalah siswa SMA yang ada di kota medan dan sekitarnya. Untuk lomba-lomba lainnya, peserta adalah umum.

Mini Concert ala Gebyar Jurnalistik Kreatif

Tidak hanya ingin menggelar acara perlombaan yang nonsense, Persma Kreatif Unimed menggelar mini konser untuk penggalangan dana bagi korban Sinabung dimana akan ada aksi tanda tangan dari seluruh mahasiswa dan peserta yang hadir dari luar maupun dalam Unimed. Dalam aksi sosial ini, Persma Kreatif bekerja sama dengan Komunitas Turun Tangan Medan. Sesuai dengan tema, panitia Gebyar Jurnalistik ingin membangun rasa sosial yang tinggi melalui kegiatan sosial tersebut. Beberapa performance akan ditampilkan seperti Sinar Budaya, Kabaret Teater LKK , Musikus, G-Plug, atraktif squad shuffle, the pepper, FMF DJ, Hipnotis, Stand Up Comedy, Band Perancis, Medan Bernada, Ikatan Mahasiswa Papua, Komunitas Biola, The Star, Veraldi Ilham, Indah dan Barabazaba.

Photo Boot menarik perhatian pengunjung
Dari sekian stand, ada satu stand paling menarik perhatian pengunjung yakni Photo Boot. Disini, seluruh pengunjung boleh berfoto gratis dengan atribut-atribut yang dibuat oleh panitia Gebyar Jurnalistik Unimed. Disana, pengunjung bias berfoto dengan Frame instagram yang lucu, kamera raksasa, microfon stirofom dan lain-lain. Kreasi ini sebenarnya adalah ide untuk menarik pengunjung agar memberikan sedikit miliknya untuk korban sinabung yang merupakan target panitia dalam aksi sosial ini.

Jumlah kunjungan: 243 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.