Kreatifonline.com, Medan Bagi penikmat buku, kondisi yang prima dari buku menjadi kepuasan tersendiri ketika membuka kembali buku yang telah lama. Akan tetapi, beberapa kasus terjadi ketika buku dilahap oleh rayap, berbercak dan berwarna kusam. Berikut beberapa tips dalam merawat buku.

  1.  Disampul.
    Bukan hanya manusia, buku juga perlu sampul untuk melindungi dari cairan atau hewan. Ketika memilih sampul, pastikan berwarna bening agar cover tetap terlihat. Hal lain yang harus diperhatikan adalah sampul tebal dan tidak lengket sehingga ketika sampul dibuka, cover tidak lengket dan robek.
  2. Jangan dilipat.
    Kebiasaan melipat buku pada bagian yang ingin ditandai akan membuat kertas robek dan cacat. Buatlah pembatas buku yang bisa menjadi penanda halaman.
  1. Disusun berdiri.
    Untuk tata letak penyusunan buku, posisi menumpuk akan merusak jilid buku bahkan cover. Usahakan posisi buku berdiri. Hal ini juga dapat mempermudah mencari buku.
  1. Jangan menekuk dan melipat.
    Ketika membalikkan halaman, usahakan jari telunjuk tidak menekuk sisi ujung buku dan janga melipat bagian tersebut.
  1. Jangan dicoret.
    Memberi tanda pada buku jangan menggunakan pulpen atau pensil karena akan meninggalkan bekas dan ketika dihapus akan menipiskan kertas. Jika ingin membuat catatan, menggunakan sticky notes bisa menjadi pilihan.
  1. Diberi kapur barus (kamper) atau bubuk cengkeh.
    Dikarenakan kertas terbuat dari kayu, ada kemungkinan rayap akan menggrogoti. Dengan memberikan kapur barus atau bubuk cengkeh akan memberi ketahanan pada buku.
  2. Dibersihkan.
    Hal yang paling sering dilakukan adalah membersihkan buku dari debu. Ini bisa dilakukan dengan kemoceng atau lap basah (untuk hardcover)
  1. Merotasi letak buku dua pekan sekali.
    Ada perlunya jika buku dikeluarkan sehari dari lemari.
  1. Cahaya yang cukup.
    Memberikan cahaya lampu pada buku perlu dilakukan untuk menghambat ngengat memasuki buku.
  1. Selamat mencoba!

Jumlah kunjungan: 15 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.