Medan – Kreatifonline.com, Unimed mengadakan seminar mengenai asal muasal suku Batak,  itu berasal dari suku Gayo. Namun dari peserta yang berasal dari suku batak merasa hal ini sangat konyol baginya. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan penelitian berujung kebenaran hipotesis sementara berdasarkan bapak Ketut Wiradjaya masih dalam proses perbaikan.

Berdasarkan penelitian bapak Ketut Wiradjaya yang telah berkelut bekerja pada balai Arkeologi Medan “proses sejarah budaya yang telah berlangsung di Tanah Gayo. Proses sejarah budaya yang terekam dalam penelitian arkeologis di Gua Loyang Mendale dan Loyang Ujung Karang menunjukkan adanya kelompok pengusung budaya Hoabinh yang pernah beraktivitas di sekitar  Danau Lut Tawar, sekitar 7.000 tahun yang lalu.

Kajian arkeologi, maupun etnoarkeologis atas berbagai aspek budaya yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan adanya indikasi yang kuat bahwa aktivitas budaya prasejarah di Tanah Gayo, khususnya dari babakan neolitik (megalitik), menunjukkan masa yang lebih tua dibandingkan dengan aktivitas di Tanah Batak. Hal tersebut memunculkan hipotesis bahwa Orang Batak berasal dari Tanah Gayo. Kondisi tersebut sangat bertentangan dengan keyakinan orang Batak selama ini, yang cenderung menganggap bahwa orang Gayo berasal dari Tanah Batak” kutipan dari buku Merangkai Identitas Gayo.

Jumlah kunjungan: 1107 kali

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.