Kreatifonline.com – Medan – Apakah Anda pernah membayangkan, apa yang terjadi bila ada yang mengendalikan emosi kita? Atau bagaimana hal itu bisa dilihat? Film Inside Out akan menjawab semua pertanyaan tersebut.

Film Inside Out merupakan film animasi, produksi dari Pixar Animation Studios yang sudah dirilis di bioskop Indonesia sejak tanggal 19 Agustus 2015 lalu. Film ini menceritakan tentang emosi seorang anak perempuan berusia 11 tahun bernama Riley (Kaitlyn Dias). Dilansir dari cnnindonesia.com, Pete Docter terinspirasi membuat cerita film kartun ini dari putrinya. Disebutkan bahwa, “Docter awalnya heran menghadapi perubahan emosi putrinya, yang kala itu masih berusia 11 tahun. Ketika dirinya berkonsultasi dengan Carmen, yang memiliki anak lebih tua, Docter justru menghasilkan sebuah cerita yang akhirnya berkembang menjadi sebuah film kartun.”

Bermula dari lahirnya seorang bayi putri cantik bernama Riley Anderson di Minnesota. Dalam pikirannya, ia dikendalikan oleh 5 emosi yaitu Joy (Kebahagian), Sadness (Kesedihan), Disgust (Kejijikan), Anger (Kemarahan), Fear (Ketakutan). Mereka lah yang mengatur tindakan dan kenangan Riley dalam kehidupan sehari-hari melalui konsol kontrol di tempat yang disebut Headquarters (Markas Besar). Dalam kepribadian Riley terdapat 5 memori inti berwarna kuning bercahaya, dimana setiap memori inti tersebut menggerakkan pulau yang berbeda. Diantaranya, pulau keluarga, pulau kekonyolan, pulau persahabatan, pulau hockey, dan pulau kejujuran,

Ketika Riley berusia 11 tahun, ia, ayah (Kyle MacLachlan), dan ibunya (Diane Lane) pindah rumah ke San Fransico. Rumah mereka di Minnesota dijual. Tiba dirumah mereka yang baru, Riley sedikit merasa tidak nyaman dengan keadaan rumah barunya, apalagi saat ia tahu bahwa van pengangkut barang mereka baru akan tiba hari Selasa. Agar tidak membuat Riley kecewa, Joy (Amy Poehler) berinisiatif mengaktifkan pulau keluarga dengan membuat Riley bermain hockey bersama orang tuanya. Tiba-tiba telpon berdering, Ayahnya harus pergi bekerja. Riley dan Ibunya pun pergi ke toko pizza. Sesampainya disana, toko tersebut hanya menawarkan satu menu saja, yaitu brokoli. Mereka tidak jadi membelinya. Hal ini membuat bertambahnya koleksi memori disgust (Mindy Kaling), fear (Bill Hader), dan anger (Lewis Black).

Di hari pertama masuk sekolah baru, Joy memberitahukan kepada Anger, Fear, Sadness (Phyllis Smith), dan Disgust untuk membantunya membuat Riley lebih percaya diri menghadapi lingkungan baru. Namun, harapan Joy tidak sesuai dengan kenyataan. Saat Sadness menyentuh salah satu memori inti bahagia, sehingga memori tersebut berubah menjadi biru. Dan terciptalah memori inti baru berwarna biru, terjadi cek-cok antara Joy dan Sadness.  Hal ini membuat 5 memori inti keluar dari tempat semula sehingga menonaktifkan seluruh pulau kepribadian Riley. Riley tidak merasakan apapun, hidupnya seperti hampa. Pada akhirnya, Joy yang berusaha menyelamatkan 5 memori inti tersebut, harus terlempar keluar dari Markas Besar bersama Sadness. Satu per satu pulau kepribadian Riley pun hancur.

Film kartun Inside Out ini bagus ditonton anak-anak yang beralih ke masa remaja. Karena diceritakan dalam film ini, peran orang tua dan teman sangat berpengaruh dalam kebahagiaan seseorang. Kita tidak bisa memaksakan diri untuk bahagia selalu, ada kalanya merasa sedih. Dibalik kesedihan tersebut, ada orang-orang yang dapat membuat kita bahagia, yaitu dukungan orang tua dan sahabat.

Konflik-konflik dalam film ini berhasil membuat perasaan penonton campur aduk. Kita seperti dapat merasakan karakter Riley sesunguhhnya bila dibandingkan dengan kehidupan nyata.

Film yang mengeluarkan budget 175 juta US Dollar ini,  juga sangat detail dalam menciptakan animasi dalam pikiran Riley, mulai dari Tim produksi mimpi, Bing bong (teman khayalan Riley), Tanah khayalan, Stasiun kereta, Kota awan, Pacar Khayalan Riley yang selalu mengatakan “aku rela mati demi Riley”, Mind workers (Pekerja pikiran).

Penasaran dengan akhir kisah Riley selanjutnya dan petualangan Joy, Sadness, Anger, Fear, dan Disgust? Ayo, tonton filmnya sekarang juga!

Jumlah kunjungan: 277 kali

Bagikan

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.