Kreatifonline.com, Unimed – -Tema yang di angkat adalah “ memaknai, merawat dan menghidupkan tradisi” melalui “ ritual topeng” yang notabene-nya dimiliki oleh seluruh puak Batak.
– Pada 28 Oktober, full outdoor concept, akan ada karnaval kebudayaan keliling Kota Medan ( Taman Budaya-Lapangan Merdeka) , kemudian pada hari yang sama Jong Batak selanjutnya akan launching Jong Sumatera.
– Akan ada seni pertunjukan, seni rupa, stand (buku, hand craft, kuliner,dll), karnaval
– Ada 48 Komunitas ( Teater, Sastra, Tari, Musik, dll)
– 10.000 penonton ( jangka 4 hari)
Narasumber :
1. Mangatas Pasaribu =
Topeng mengajarkan seseorang untuk berbuat tanpa pamrih, tanpa harus menunjukkan jati dirinya. Topeng adalah sebagai sebuah ritual untuk mendekatkan diri kepada yang maha kuasa. Jong Batak mengangkat kembali topeng didalamnya.
Kita tidak lagi menggabungkan budaya barat, karena Jong Batak menunjukkan topeng agar dapat dipahami sebagai tradisi yang akan digunakan sebagai ide untuk dilukiskan. Maka, Jong Batak menuangkan konteks topeng melalui kreatifitas yang akan ditampilkan pada festival nanti. ( Perspektif Seni Rupa)
2. Agus Susilo =
Kreatifitas topeng juga akan ditampilkan di atas panggung dari perspektif gerak dan bunyi.
(Bukan) Opera Batak : Bagaimana si gale-gale akan ditampilkan secara kontemporer
Dress code adalah syarat untuk masuk ke acara festival jong batak 3 kali ini.
Kita ubah dengan membuat nuansa artistik untuk membuat panggung utama menjadi lebih baik.
Tanggal 28 kita akan tambah satu panggung lagi.
3. Ojak Manalu =
Semoga Jong Batak Festival masuk sebagai event skala nasional.
Factor representative gedung juga menjadi perhatian kita, namun kita coba untuk menyiasatinya. Kami tetap punya ruang untuk para pekarya. Ini dulu yang bisa kita lakukan. Kita tetap usahakan pekarya merasa dihargai dengan fasilitas yang kita siapkan.
Tema kita pada tahun ini adalah topeng melalui perspektif musik, gerakan, teater, dll. Kita gunakan Jong Batak karena berkaitan dengan sejarah. Spirit / kemauan tsb yang kita angkat melalui nilai-nilai tradisi.
Mudah-mudahan tahun depan kita akan angkat kembali Jong Bataks Festival Arts dan Jong Sumatra Festival Arts. Kita coba untuk menguatkan teman-teman lokal dari segala perspektif kebudayaannya.

Jumlah kunjungan: 18 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.