Medan – kreatifonline.com, Unit Program Pengalaman Lapangan (UPPL) telah mengeluarkan pengumuman pendaftaran ujian pra PPL. UPPL merupakan Unit Pelaksana Teknis yang bertugas melakukan perencanaan, pembinaan, pelaksanaan dan pengembangan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED). PPL ini wajib diikuti oleh mahasiswa yang mempunyai program studi pendidikan sesuai standart profesi guru yang telah ditetapkan dalam PP 14 Tahun 2005 UU No.14 Tahun 2005 yaitu seorang guru yang profesional harus mempunyai 4 kompetensi yaitu, kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional.

Prosedur yang dilalui oleh mahasiswa yang akan ppl adalah pendaftaran pra ujian ppl. Materi-materi yang diujikan sesuai dengan program studi masing-masing peserta dan terdiri dari 4 kompetensi, yaitu kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional. Ujian pra ppl sendiri kemungkinan akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2013. Namun, tanggal yang ditentukan ini bisa saja mengalami kemunduran. Setelah pra ujian PPL, 1 minggu kemudian akan dikeluarkan hasil ujian, lalu diikuti lagi dengan penentuan tempat PPL. Lamanya PPL adalah 3 bulan atau 12 minggu tidak dihitung libur sekolah. Syarat-syarat mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti PPL adalah lulus ujian pra PPL, lulus mata kuliah Microteahing, lulus MKDK, lulus MKDS, telah mengambil 110 SKS, dan membayar uang kuliah semester.

Untuk tempat PPL akan diusahakan sesuai dengan kultur mahasiswa peserta PPL dan peserta juga diberi kesempatan untuk memilih. Namun, untuk keputusan akhir dikembalikan lagi kepada jumlah mahasiswa yang diminta oleh pihak sekolah. Sedangkan untuk pelaksanaan PPL akan dimulai setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Untuk lokasi PPL belum dapat ditentukan, namun kemungkinan tahun ini Tobasa akan dibuka. Setelah ujian pra PPl, akan dilakukan survei lokasi sehingga dapat dikeluarkan pengumuman lokasi kepada mahasiswa. Jadi prosedur PPL ini tidak mudah, banyak harus dipersiapkan. Apalagi jika pengumuman lokasi telah dikeluarkan, selalu ada mahasiswa yang meminta untuk pindah lokasi.” jelas Bapak Prof. Dr. Pargaulan Siagian, M.pd. selaku kepala UPPL.

Jumlah kunjungan: 2107 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.