Kreatifonline.com, Unimed Medan, 07 Februari 2017 – Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara atau yang lebih dikenal dengan Permata adalah program yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti yang telah berjalan sejak tahun 2014. Kuota mahasiswa setiap tahun akan terus ditingkatkan. Membangun dan memperkuat nasionalisme mahasiswa merupakan salah satu tujuan dari program Permata.
Muhammad Aulia, salah satu peserta Permata 2016 dari jurusan pendidikan ekonomi Universitas Negeri Medan stambuk 2014, memaparkan pengalamannya selama 1 (satu) semester mengecap pendidikan di Universitas Negeri Surabaya. Aulia, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa program Permata memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa, seperti pengenalan terhadap budaya lain, menyesuaikan kurikulum yang ada di kampus tujuan, hingga survive di daerah baru. “Kita mengetahui dan langsung mengikuti kegiatan di kampus tujuan seperti kegiatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), mendapatkan ikatan persahabatan dengan teman yang baru, hingga harus menyesuaikan lidah dengan makanan khas daerah Jawa Timur,” tutur Aulia.
Tidak banyak kendala yang dialami oleh mahasiswa selama mengikuti program Permata. “Kendala kecil, Menjalankan program terdapat dalam penyesuaian mata kuliah,tetapi alhamdulillah kendala tersebut bisa terselesaikan,” jelas Aulia.
Hal senada juga disampaikan oleh Tri Rafika. “Tertariknya saya mengikuti program Permata yaitu semua biaya ditanggung oleh Dikti atau pemerintah. Pengalaman serta belajar kebudayaan yang ada didaerah dipulau Jawa.” Tutur mahasiswa yang sering di panggil Fika.

Selain menuntut ilmu di kota Semarang, Fika juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat situs sejarah seperti,Lawang Sewu, Gereja Beledug, Masjid Agung Jawa Tengah dan Klenteng Sam Poo Kong. Pengalaman menarik dari peserta Permata ialah dapat berkunjung secara gratis dari Unnes ke dua tempat yaitu Candi Borobudur dan Malioboro Yogyakarta sebagai pengenalan budaya yang diselenggarakan pada 20 Desember 2016.

Harapan alumni program Permata ialah dapat menumbuhkembangkan budaya belajar yang baik, kegiatan mahasiswa yang aktif, dan di tahun mendatang Universitas Negeri Medan dapat mengirimkan mahasiswa ke program Permata lebih banyak lagi.

Jumlah kunjungan: 99 kali

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.