Kreatifonline.com, Medan – Kamis, 10 Desember 2015 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) kembali menjadi sorotan publik di Universitas Negeri Medan. Setelah sebelumnya sukses mengadakan event seperti Semarak Bulan Bahasa, Oktober Fest, Francophonie, dan berbagai acaranya lainnya. Kini FBS hadir dengan acara perdana di tahun 2015 yaitu “English Expo” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris. Bertemakan “Harmony in English Diversity” menunjukkan terdapat banyak keakenaragaman dalam bahasa Inggris. Acara ini resmi dibuka oleh Wakil Dekan (WD) III FBS, Drs. Daulat Saragi, M.Hum tepatnya pada pukul 10.30 pagi.

Restu Anugrah, Ketua Panitia “English Expo” mengungkapkan bahwa penggunaan bahasa inggris banyak versinya seperti versi Amerika, versi Inggris, Australia. “Adapun Harmony in English Diversity merupakan harmonisasi dari semua itu. Jadi, Negara seperti Amerika, Inggris, Australia, Canada, India, Singapore itu  jadi kita gabung, kita rampung menjadi satu acara inilah dia, makanya kita juga sediakan stand-stand Negara tersebut yang menunjukkan culture-nya itu. Dan mereka itu terbukti bisa saling bersama dalam lingkungan yang berhamonis. Jadi culture dari tiap-tiap Negara itu benar-benar di expose di stand tersebut,” ujarnya.

Menurut WD III FBS, acara ini menjalin suatu keharmonisan diantara hal yang berbeda-beda. “Mudah-mudahan apa yang disampaikan, apa yang ditampilkan itu adalah produk-produk perkuliahan dan juga kreativitas-kreativitas dari adik-adik mahasiswa semua,” harapnya. Dalam kata sambutan, beliau mengingatkan, “Ada sesuatu yang harus diperbaiki dari hari ke hari yaitu mungkin kita lalai dengan apa yang menjadi budaya-budaya Negara yang kita pelajari seperti Inggis, Amerika, Singapura, Australia, yang memakai bahasa Inggris. Ada satu catatan saya, yang kita belum punya adalah tepat waktu. Budaya mereka itu yang paling diutamakan,” ungkapnya.

Selain itu menurut mahasiswa jurusan bahasa inggris acara ini menyenangkan. “Acara English Expo ini sangat excited sekali karena disini benar-benar kita keluarkan hasil produk kita selama perkuliahan di jurusan Bahasa & Sastra Inggris. Ya kebetulan kami dari DIK/13/B mendapatkan Negara UK (United Kingdom). Jadi kami membawakan tokoh-tokoh dari film Harry Potter yang terkenal di UK. Jadi, kami ada cosplay dari tokoh seperti Harry potter, Hermione, dan Ron,” ujarnya.

Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Dra. Meisuri, M.A dalam pidatonya mengharapkan bahwa, “ke depan ini tidak merupakan Expo dari English yang pertama dan terakhir. Tetapi mari kita berharap dan berdoa agai ini merupakan langkah awal dari English Expo yang pertama dengan hanya diikuti beberapa mata kuliah sebelumnya. Dan ke depan hendaknya menjadi seluruh mata kuliah. Jadi ini kita jadikan kegiatan tahunan.

Acara yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 10-11 Desember 2015 di FBS ini, menampilkan Cosplay, English Speaking Countries Fair, Art Performance, Produk belajar dari prodi pendidikan dan Sastra Bahasa Inggris seperti buku, News casting, Mini talk show, speech, dan story telling.

Jumlah kunjungan: 111 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.