Kreatifonline.com – Medan (14/5) Dengan berkembangnya teknologi yang super canggih dan multiguna saat ini, siapa saja tentu dapat menciptakan kreasi maupun sesuatu yang imajinatif khususnya dalam segi keindahan visualisasi. Namun sebagus atau semenarik apapun sebuah karya atau seni rupa dalam figur lukisan, tentu yang terpenting adalah pesan yang dapat disampaikan kepada siapapun yang menjadi pengamat karya tersebut. Hal inilah yang ditegaskan oleh Pak Pasaribu, Dosen Seni Rupa yang kebetulan saat itu sedang bersama mahasiswa Seni Rupa 2012 di galeri seni rupa Universitas Negeri Medan yang berlokasi di Jalan Kampus Unimed atau masih berada di sekitar lingkungan kampus, tepatnya dibelakang Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Puluhan lukisan terpajang di dalam gedung galeri tersebut, dimana pameran tersebut wajib untuk memenuhi tugas akhir bagi mahasiswa stambuk atas yang harus memenuhi syarat pra-lulus. Kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun tersebut selalu rutin dilakukan, khususnya untuk mengetahui kualitas lukisan mahasiswa seni rupa sebelum terjun sebagai guru atau seniman ataupun profesi lain yang masih berhubungan dengan seni rupa.

“ kegiatan ini memang wajib dan diharuskan kepada seluruh mahasiswa jurusan seni rupa sebelum lulus dari Universitas Negeri Medan” ujar beliau.

Pameran lukisan ini tidak hanya dihadiri oleh dosen seni rupa atau mahasiswa seni rupa Unimed saja, namun mahasiswa dari jurusan lain juga tampak menghadiri pameran ini walau sekedar ingin melihat dan mengamati karya-karya didalamnya. Hasbi, salah satu pengunjung yang berasal dari jurusan seni rupa stambuk 2012 menambahkan bahwa pameran ini menjadi bekal dan pelajaran baginya dan juga teman-temannya karena suatu saat nanti mereka juga akan melakukan pameran karya seperti senior mereka tersebut.

“ tentunya ini akan membuat kami termotivasi dan bisa menghasilkan lukisan-lukisan yang lebih baik ke depannya”

Bahkan mahasiswa dari kampus tetangga, seperti kawan-kawan yang berasal dari kampus Polimedia juga hadir untuk berkeliling melihat hasil karya mahasiswa jurusan seni rupa Unimed yang ada di gedung galeri tersebut. “ menarik dan pameran seperti ini bagus untuk kita sebagai mahasiswa” kata salah satu dari mahasiswa Polimedia tersebut.

Dari seluruh lukisan yang ada, juga ada karya visual lainnya yang tak kalah artistik seperti karya foto dan juga karya ilustrasi. Tentu pameran seperti ini pantas untuk kita kunjungi, apalagi sebagai pengagum karya seni kita dapat belajar banyak dari karya-karya tersebut.

 

Jumlah kunjungan: 873 kali

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.