Kreatifonline.com – Medan, Siapa yang tidak tahu dengan kegiatan rutin tahunan diawal periode baru di Universitas ini, yap PAMB (Pembekalan Awal Mahasiswa Baru). Pada tanggal 6 Agustus 2015, jajaran Senat UNIMED berserta mahasiswa UKM UNIMED lainnya mengadakan rapat persiapan PAMB di ruang Sidang B gedung Biro Rektor UNIMED. Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB tanpa kehadiran Wakil Rektor III. “Mohon maaf kepada seluruh Bapak/Ibu yang hadir saat ini, WR III tidak dapat hadir di kegiatan ini dikarenakan ada kegiatan lainnya”, jelas staff ahlinya.

Kegiatan dilanjutkan dan dipandu oleh Wakil Dekan FBS, Dr.Daulat Saragih, M.Hum. Ia menyampaikan susunan panitia dan menanyakan persiapan apa saja yang telah dipersiapkan oleh setiap bagian/seksi kepanitiaan. Seperti biasa, saat-saat adanya kegiatan pasti yang paling diutaman bagian/seksi perlengkapan, acara, keamanan, dan lain-lain. Kegiatan PAMB akan dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu selama 3 hari dengan pembagian waktu 2 hari pertama berkumpul bersama di gedung Serbaguna Unimed dan pada hari ke-2 tepatnya pukul 17.00 mahasiswa akan diserahkan kepada Fakultasnya masing-masing dan hari ke-3 dilanjutkan dengan kegiatan Fakultas.

Pada hari ke-2 mahasiswa baru akan melihat penampilan-penampilan yang akan menghibur dan menambah pengetahuan tentang kampus, seperti perkenalan UKM-UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Unimed. Namun sebelumnya, dipagi hari sebelum acara itu dimulai, mahasiswa baru akan di tepung tawarin, yaitu pengesahan atau ucapan selamat datang dan bergabung di Universitas Negeri Medan yang akan di pandu oleh Rektorat. “Ada yang berbeda dalam pelaksanaan penepung tawaran, kami akan menambahkan penepung tawaran tradisi Batak Toba, namun tidak meninggalkan tradisi sebelumnya dengan bunga 7 rupa dan air jeruk purut. Itu akan tetap dilaksanakan, hanya saja nanti kami akan meminta 2 mahasiswa baru perwakilan masing-masing fakultas untuk maju kedepan dan menjungjung beras”, jelas Lamhot selaku seksi acara.

Perbedaan lainnya dalam pelaksanaan PAMB adalah tidak dibenarkan melakukan “pengutipan”. Maksudnya disini adalah para senior atau panitia yang nantinya akan bertugas dalam kegiatan lapangan PAMB tidak dibenarkan melakukan jual-beli dalam pelaksanaan PAMB tahun ini. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa akan diminta untuk membeli cendramata seperti pin atau mainan kunci serta minuman dan makanan lainnya sebagai syarat pelaksanaan PAMB. “Sesuai dengan kesepakatan bersama, pada pelaksanaan PAMB tahun ini kami melarang untuk melakukan pengutipan. Hal ini mencegah terjadinya isu miring tentang pemanfaatan untuk mengambil keuntungan kegiatan PAMB”, ujar Staff ahli WR III.

Kegiatan ini di usung dengan tema “Elegen dan Penuh Kasih Sayang” dengan harapan tidak akan ada kekerasan dalam pelaksaannya dengan menimbulkan prinsip “Cinta_ku Kampus_ku”.
Selamat Datang Mahasiswa Baru.

Jumlah kunjungan: 208 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.