Kreatifonline.com – Medan— Sore itu, 10 Agustus 2015, tidak sengaja saya berjalan melintasi Fakultas Ilmu Olahraga (FIK), kebetulan ingin meliput berita kampus seputar pembekalan awal mahasiswa baru. Segerombolan mahasiswa memadati area depan ruang laboratorium FIK ini. Saya pun langsung ikut gabung bersama segerombolan mahasiswa tersebut. Saya bertanya kepada salah satu mahasiswa baru jurusan PJKR 2015, mengapa mereka memadati area laboratorium fakultas ini. Usut punya usut ternyata sedang diadakannya pendaftaran PAMB (Pembekalan Awal Mahasiswa Baru) bagi mahasiswa baru 2015 di FIK.

Menurut mahasiswa baru ini, setelah mereka melakukan pendaftaran ulang fakultas mereka langsung disuruh oleh pihak FIK untuk menuju ruang laboratorium yang ada di lantai III agar melakukan PAMB.
Pendaftaran PAMB Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dilakukan hari Senin (10/8) di ruang laboratorium lantai III. Pendaftaran ini diadakan selama dua hari dari tanggal 10-11 Agustus 2015 pukul 08.00-16.00 WIB. Info yang saya dapatkan dari Papan Pengumuman yang terpampang jelas ketika memasuki FIK melalui area depan.

“Ya benar adanya pendaftaran PAMB di FIK. Pendaftaran PAMB sudah dari dulu dilakukan, gunanya ialah diharapkan ketika mahasiswa baru menjalani perkuliahan mereka akan bisa menghormati para seniornya terutama bapak/ibu dosen dan lebih menjaga kekompakan diantara sesama mereka yang telah bergabung menjadi keluarga besar FIK.” Ujar Anas Mahasiswa Stambuk 2009.

Saya kemudian menangkap pemandangan unik ketika mahasiswa baru di fakultas ini melalui lantai 1 hingga lantai 3 dengan tantangan-tantangan yang diberikan oleh senior yang tentunya panitia PAMB FIK. Ketika memasuki ruang lantai I mereka harus terlihat rapi dengan memakai kemeja, sepatu sport beserta kaos kaki dan tali pinggang, jadi ketika ada yang tidak membawa mereka harus mencari atau pun membelinya, dan sebagian mahasiswa baru tersebut harus berjalan jongkok untuk menuju lantai II dan III.

Menurut Salman salah satu panitia PAMB FIK , hal tersebut dilakukan guna melatih mental dan sikap mereka, dan kegiatan tersebut telah berlangsung tahun-tahun sebelumnya. Dan ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini bebas dari kekerasan fisik, karena jalan jongkok dan push-up tersebut nantinya juga akan diterapkan oleh mahasiswa baru jurusan olahraga ini.
Sebelumnya, dalam temu ramah yang melibatkan anggota UKM beserta Senat Mahasiswa, Wakil Rektor III Unimed, Prof.Dr. Sahat Siagian, M.Pd menyatakan dengan tegas bahwa tidak boleh ada tindak semena-mena yang dilakukan oleh oknum senior atau oknum manapun yang terlibat. Tentu, Fakultas Ilmu Keolahragaan adalah fakultas yang disoroti kemungkinan-kemungkinan sarat akan kekerasan. Namun pembicaraan hangat saya dengan panitia, khususnya Gubernur Senat Mahasiswa FIK, Rifky Prasetyan sekejap menepis dugaan-dugaan seperti itu.
Ia mempertanyakan ‘kekerasan’apa sebenarnya yang menjadi masalah. Tentu, Fakultas Ilmu Keolahragaan menurutnya tidak akan melakukan tindakan senioritas yang melukai fisik atau perasaan dari mahasiswa baru. Ia berpendapat, bahwa ujaran-ujaran keras dan tegas adalah wajar, apalagi jika ada kesalahan-kesalahan atau tindakan mahasiswa baru yang menyimpang dari peraturan. Namun ia sekali lagi menepis jika ada kekerasan dalam pembekalan awal ini.

Jumlah kunjungan: 263 kali

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.