Medan,- (05/09-17) Perhelatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) kembali diadakan. Sumatera Utara menjadi tuan rumah O2SN 2017. Ajang ini dilaksanakan dari tanggal 04-09 September 2017 yang berpusat di Universitas Negeri Medan.
Salah satu cabang olahraga (cabor) yang disertakan adalah Renang. Cabor renang dilaksanaakan di kolam renang Universitas Negeri Medan yang diikuti oleh peserta dari Tingkat SD, SMP dan SMA. Menariknya cabor renang tingkat SMA baru pertama sekali diadakan dalam ajang O2SN tahun ini.
Bapak Alex Firngadi M.Si selaku panitia penanggungjawab O2SN tingkat SMA mengatakan bahwa O2SN cabor renang tingkat SMA merupakan cabang baru dimana tahun sebelumnya belum ada. “Alhamdulillah tahun ini cabang renang dengan pertama kali diadakan di tingkat SMA,” ujar beliau.
Di tahun-tahun sebelumnya cabor renang tingkat SMA ditiadakan karena ada beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah olahraga renang yang tidak begitu memasyarakat, sementara itu yang dibutuhkan adalah ekstrakurikuler yang memiliki sarana olahraga yang ada dibe
rbagai sekolah. Beliau sangat bersyukur saat ini olahraga renang sudah ada diberbagai jenjang sekolah sehingga olimpiade renang dapat diadakan secara berjenjang dari tingkat SD, SMP, SMA hingga SMK.
“Saya mengharapkan adanya atlet-atlet berprestasi dari cabor renang yang dapat berbicara di tingkat Internasional yang terlahir dari cabang renang yang baru pertama kali diadakan di O2SN ini,” kata Beliau.
“Untuk sementara ini memang SMA hanya memakai nomor pertandingkan 100 meter gaya bebas putra dan 100 meter gaya bebas putri. Tetapi tidak menutup kemungkinan ditahun-tahun yang akan datang nanti akan menambah nomor, mungkin nanti ada nomor gaya dada dan gaya kupu-kupu tapi semua memang tergantung dengan anggaran yang kita punyai,” lanjutnya.
Panitia O2SN melibatkan 90 orang juri yang berasal dari atas kerjasamanya dengan pihak PBRSI, beberapa Dosen Unimed dan beberapa dari daerah yang mempunyai sertifikat kejurian cabor renang.
Sementara itu, Eriyan Arif Pratama yang merupakan kontingen dari Sumatera Utara berhasil masuk ke babak final. Siswa yang saat ini duduk di bangku kelas XII SMA Negeri 1 Tanjung Morawa, Deli serdang ini mengaku senang bisa masuk ke babak final. “Senang bisa masuk final, tapi tadi waktunya kurang bagus,” katanya.
Sebelumnya Eriyan juga pernah mengikuti lomba kejuaran antar perkumpulan Se-sumatera dan Se-indonesia. Terakhir ia mengikuti Kejurnas di Palembang. “Persiapan utuk final besok sore harus lebih banyak latihan lagi, nanti sore atau besok pagi. Harapannya bisa lebih baik lagi dan waktunya yang terbaik,” sambungnya.
Kontingen yang berhasil masuk ke babak final untuk kategori 100 meter gaya bebas putra yaitu: Eriyan Arif Pratama (Sumatera Utara), Reinaldo Adri Nyoman (Sumatera Barat), Theodorus Luki Handijaya (Banten), Nanda Wahyu Jendro Buono (Jawa Timur), Gilbert Setiawan (Jawa Barat), David Ginting (Lampung), Razzaq Rahman Jatmiko (Jawa Tengah), dan Ida Bagus Gede Jaya Mahotama (Bali).
Sementara untuk kategori 100 meter gaya bebas putri yaitu: Wanda Agustina (Sulawesi Selatan), Andrea Rosauli (Jawa Tengah), Zefanya Naomi Hizkia (Dki Jakarta), Siti Arifah (Jawa Barat), Ista Wirya Ardhiani (Bali), Renata Berliana Aditya (Jawa Timur), Ratu Shalsabilla Hanny Chandra (Banten) dan Dinda Syafira Putri (Sumtera Utara).

Jumlah kunjungan: 27 kali

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.