Medan – kreatifonline.com,Tebing Tinggi, kota yang terletak sekitar 80 km dari medan ini merupakan tipikal kota perlintasan Sumatera Utara. Sekilas jalan lintas kota Tebing Tinggi akan terlihat seperti ketupat. Telusuri saja mulai dari Simpang Beo, tempat maskot burung beo berada. Kota tempat maskot burung beo berada ini terkenal karena oleh-oleh khasnya yang berupa lemang dan kue kacang.

Lemang buatan Tebing Tinggi sudah terjamin kelezatannya. Ingin tau dimana tempat mendapatkan lemang? Maka berhentilah di Mesjid Raya Tebing Tinggi, lalui saja jalan K.H. Ahmad Dahlan. Jalan yang berada tepat di depan mesjid Raya Tebing Tinggi ini lebih dikenal dengan sebutan Chong Api. Disana, anda akan melihat jejeran stan penjual lemang. Lemang-lemang itu terlihat begitu menggoda. Aromanya menguar kemana-mana. Rasanya gurih dan manis. Akan lebih enak lagi jika memakan lemang dengan temannya.

Selai adalah teman paling pas buat memakan lemang ini. Anda bisa mendapatkan selai dengan berbagai rasa, tergantung pada selera saja. variasi selai sudah lebih banyak. Pilihannya bisa saja dengan srikaya atau selai rasa kacang atau bahkan selai buah-buahan. Durian, merupakan selai yang banyak dipilih.

Bahan utama pembuatan lemang ternyata sederhana saja: Pulut. Selain pulut, bahan lainnya adalah santan. Pulut yang digunakan dalam pembuatan lemang ini ada dua jenis, pulut hitam dan pulut putih. Pembuatan lemang sendiri tergolong mudah. Cukup masukkan pulut yang sudah direndam air kedalam potongan bambu yang sudah di lapisi oleh daun pisang muda. Isi sampai bambu hampir penuh lalu tambahkan santan kedalamnya. Kemudian potongan bambu yang sudah di isi pulut dan santan itu dijejerkan disekitar api yang sudah membara. Setelah dibiarkan terpanggang sampai kering maka lemang sudah dapat dinikmati.

Tidak hanya bahan utamanya saja yang bervariasi, ternyata harga lemang pun bervariasi pula mulai dari Rp 15.000,- sampai Rp. 20.000,- per batangnya. Nah, selain lemang ternyata ada oleh-oleh lain yang juga terkenal dari kota Tebing Tinggi. Kue kacang namanya. Lezat rasanya, enak dinikmati kapan saja. Tekstur kuenya yang lembut merupakan khas kue kacang Tebing Tinggi. Kue kacang ini terbuat dari tepung roti dan tentu saja kacang. Jangan heran jika anda tidak akan mendapatkan kacang dalam bentuk aslinya didalam kue kacang, karena kacang yang merupakan isi dari kue kacang ini sudah dihaluskan terlebih dahulu.

Kacang yang digunakan pun bermacam-macam. Ada kacang hijau, kacang merah, dan ada juga kacang hitam. Bentuknya yang seperti lingkaran, kecil, dan agak pipih ini benar-benar praktis buat dimakan kapan saja. Cocok pula bila ditemani cemilan yang lain.

Pada mulanya kue kacang ini, bisa didapatkan di sekitar pajak mini. Disitulah tempat penjual kue kacang berada. Tetapi sekarang sudah tidak lagi. Kini, di tempat-tempat lain sudah banyak yang menjual kue kacang itu. Harganya bervariasi. Satu kotak kecil dengan berat 700gr dihargai mulai dari Rp. 23.000,- sedangkan kotak besar yang mempunyai berat sekitar satu kilo atau 1000gr dihargai Rp. 27.000,- Kue kacang di kemas dalam kotak persegi yang mudah dibawa. Sangat tepat untuk oleh-oleh. Karena itu rasanya tak lengkap perjalanan dari Tebing Tinggi kalau tidak membeli kue kacang dan lemang sebagai oleh-oleh, kan.

Jumlah kunjungan: 1985 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.