Unimed- Pagelaran FBS XPO yang diadakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni pada tanggal 27-28 November 2017 di pelataran Fakultas Bahasa dan Seni menyuguhkan banyak pameran. Mulai dari pameran oleh mahasiswa dari setiap Program Studi hingga Pameran Alutsista Yonif-8 Marinir TNI Angkatan Laut.

Bapak Riski Panggabean yang merupakan anggota Alutsista dari Yonif-8 Marinir mengatakan bahwa Pameran Alutsista TNI Angkatan Laut sudah diadakan dua kali di Universitas Medan. Yang pertama diadakan pada tahun 2013.

“Tujuan diakan pameran ini adalah untuk memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai Alutsista atau senjata apa saja yang dimiliki oleh Marinir, dan bisa juga dikatakan sebagai ajang promosi bagi para mahasiswa. Siapa tau ada yang berminat untuk masuk TNI khususnya Maritim” ujar Beliau.

Alutsista yang di pamerkan adalah senjata, perahu karet, kendaraan tempur, alat selam dan baju-baju yang biasa digunakan oleh TNI Maritim. Salah satu senjata yang dipamerkan adalah senjata NPW yang disebut juga sebagai sniper anti material yang berfungsi untuk melumpuhkan tank, helikopter, menara atau mercusuar.

“Ada 24 personil yang tergabung dalam 2 tim, yaitu kru pameran dan tim band. Acara ini kebetulan diundang oleh pihak Birokrasi Unimed. Selain pameran Alutsista, ada juga penampilan dari Band Cakra. Pada setiap penampilannya Band Cakra selalu menyajikan lagu-lagu khas daerah dimana dia tampil dan selalu memakai baju ala militer yang merupakan ciri khas dari Band ini,” ujar Kopral Selamet yang telah bergabung di TNI AL sejak tahun 2003.

“Untuk pendaftaran TNI AL tingkat Tamtama sudah mulai dibuka pada bulan ini tanggal 28 November 2017 sampai dengan bulan Februari 2018. Untuk info lebih lanjutnya bisa mengunjungi website TNI AL” lanjut Beliau.

“Pamerannya seru, banyak belajar hal baru dan menarik, personilnya juga ramah dan sabar. Dapat pengalaman baru bisa melihat dan memegang senjata asli secara langsung, dan diajari juga cara pemakaiannya serta fungsi dari setiap senjatanya. Selain senjata, profil personil pun juga dikenalkan secara realistis dilapangan. Secara tidak langsung melalui pameran ini juga lebih  mendekatkan para Angkatan Laut dengan masyarakat.” Ujar Novrianti Siahaan yang merupakan pengunjung pameran Alutsista TNI AL.

Walaupun cuaca mendung dan turun rintik hujan, namun tidak  menyurutkan semangat para mahasiswa untuk lebih mengenal Alutsista TNI AL.

Jumlah kunjungan: 22 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.