Medan – Kreatifonline.com– Sabtu, 28 Maret 2015 KODIE kembali menyelenggarakan liga ekonomi ketiga setelah liga pertama pada tahun 2013 dan liga kedua pada tahun 2014 diselenggarakan.” Tujuan dari penyelenggaraan liga ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelajaran-pelajaran mata kuliah yang telah dipelajari oleh mahasiswa semester satu dan dua, serta untuk menguji sejauh mana pemahaman mahasiswa semester satu dan dua mengenai materi yang tengah diajarkan. Sehingga, materi yang diujikan adalah materi semester satu dan dua.Materi-materi yang diujikan itu formatnya berbeda-beda setiap olimpiade.Seperti pada liga pertama materinya hanya materi mata kuliah yang ada di jurusan fakultas ekonomi saja, kalau sekarang lebih ke dunia ekonominya, seperti materi pengantar akuntansi, pengantar makro, pengantar mikro, matematika ekonomi, dan pengantar bisnis”, ucap Januar Sipayung, selaku ketua pelaksana liga ekonomi.
Menurut Januar Sipayung, perbedaan liga ekonomi kali ini adalah mengadakan seminar setelah olimpiade usai.Dan pemenangnya diumumkan setelah seminar selesai.Karena saat peserta sedang mengikuti seminar maka sebagian panitia aktif memeriksa jawaban dari peserta.Sedangkan liga ekonomi yang lalu hanya menyelenggarakan olimpiade saja dan pengumumannya seminggu setelah olimpiade diselenggarakan.
Adapun yang menjadi pesertanya adalah mahasiswa semester dua hingga mahasiswa semester enam. Pesertanya adalah mahasiswa Unimed dan luar Unimed seperti, mahasiswa Polmed, USU, UMSU, UT Medan, dan lain-lain.Dalam liga kali ini, pesertanya kurang lebih dua ratus peserta, mengalami peningkatan sekitar 33% dari jumlah peserta liga ekonomi kedua.Sedangkan panitianya adalah mahasiswa fakultas ekonomi Unimed antara mahasiswa semester empat dan enam didampingi para pendiri KODIE. Seminar yang mengutip cost antara RP30.000 sampai RP35.000 per peserta menyediakan hadiah berupa uang tunai untuk juara satu sampai juara tiga, trophy untuk juara satu sampai juara enam, sertifikat, serta snack untuk seluruh peserta.
Ditinjau dari sudut pandang mahasiswa, KODIE mendapat respon positif.Begitu juga sebaliknya dengan pihak Fakultas.Sebab lewat even-even yang diadakan KODIE seperti seminar dan olimpiade, akan membantu Fakultas Ekonomi lebih populer dilingkungan Unimed, serta membantu pemerintah dalam mensosialisaikan masyarakat ekonomi kepada mahasiswa.Apalagi pada bulan Desember 2015 mendatang Indonesia akan bergabung menjadi masyarakat Ekonomi Asean.Dengan demikian, even ini dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi masa Masyarakat Ekonomi Asean(MEA).

Jumlah kunjungan: 362 kali

One Response

  1. custom essay writing service

    Thank you for the report. I genuinely cherished the way you composed this post. It has some correct realities that are composed in a simple to perceive way. Your post is constantly exceptionally supportive. Hold sharing such super and helpful post.

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.