Medan – Kreatifonline.com

Judul Buku                  : Jika Aku Menjadi Mereka

Penulis                                    : 12 Pemenang sayembara menulis kisah Disabilitas

Penerbit                      : GagasMedia

Tahun Terbit               : 2014

Jumlah Halaman         : 210

ISBN                           : 978-979-780-697-2

Harga                          : Rp 45.000

 

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketika melihat seseorang yang memiliki kekurangan fisik (cacat) perasaan apa yang muncul di dalam benak Anda, apakah merasa kasihan? Atau justru malah menghina orang tersebut? 12 pemenang sayembara menulis berbagai kisah disabilitas yang sangat menginspirasi bagi pembaca. Cerita seorang kakak yang memiliki adik autisme yang terus berkarya, guru-guru yng menghadapi anak-anak direabilitas, sikap siswa biasa terhadap siswa yang memiliki kekurangan fisik, seseorang yang memiliki salah satu kaki yang bengkok dan tunanetra yang mencari kebahagiaan dan cerita lainnya terhadap orang yang memiliki kekurangan fisik.

Di balik kekurangan fisiknya, mereka tidak pernah mengeluh dalam menjalani hidup, berbagai lika-liku perjalan hidup mereka hadapi mulai dari ada yang mengejek, menghina bahkan sampai meremehkan kemampuan mereka. Seperti salah satu kisah yang sangat menginspirasi; Seorang wanita yang sejak dua bulan kelahirannya sudah divonis oleh dokter terkena penyakit polio, di balik penyakit yang ia derita semangat untuk menggapai cita-citanya menjadi seorang guru tidak pernah putus, berbagai rintangan ia lalui mulai dari cibiran orang terhadap dirinya bahkan kondisi keuangan keluarga yang terpuruk yang membuat ia harus putus kuliah. Namun, di balik cobaan yang dihadapi ia terus berjuang. Gadis tersebut mendapat pekerjaan dan mulai bangkit lagi untuk melanjutkan kuliahnya hingga menjadi seorang guru.

Bahkan cerita seorang ayah yang memiliki kondisi tunanetra yang melihat kecantikan istri dan ketiga putrinya bukan berdasarkan panca indra penglihatannya melainkan dari dalam penglihatan mata hatinya. Hanya menggunakan tongkat putih yang mengiringi langkahnya dari Jakarta menuju Jombang bukanlah hal yang biasa dilakukan bagi seorang tunanetra, namun semua ini ia lakukan demi bertemu keluarga tercinta yang telah mempersiapkan ulang tahunnya.

Buku ini sangat menginspirasi pembaca, banyak sekali dari mereka yang kekurangan fisik namun tetap berkaya dan semangat hidup yang tidak pernah putus bahkan orang yang memiliki kondisi fisik yang normal belum tentu bisa seperti mereka. Buku ini juga memberi persepsi bahwa orang dirabilitas tidak pernah berharap belaskasihan siapa pun, banyak pemahaman yang belum anda ketahui mengenai anak-anak berkebutuhan khusus.

Jumlah kunjungan: 501 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.