Medan –  Kreatifonline.com, Pernahkah kita mendengar Gingerbeard, Honeycomb, ataupun yang mempersatukan mereka Ice Crem Sandwinch ? ya, itu merupakan nama Operasi System perangkat Android. Namun kini kita akan mendengarkan nama Operasi system perangkat Android  terbaru yaitu Jelly Bean.

Kabar akan hadirnya Jelly Bean sebenarya sudah diperkirakan sebelumnya dan untuk gadget pertama yang mengggunakan OS ini adalah Google Nexus 7 yang di produksi oleh Asus. Dengan hadirnya OS terbaru ini tentu akan muncul pertanyaan. Apa keunggulan Jelly Bean dari OS sebelumnya ?

Pada  28 juni 2012 setelah melalui gelaran Google I/O yang dilaksanakan di San Francisco, Amerika Serikat Jelly bean akhirnya di perkenalkan ke publik, tentu OS ini memiliki fitur yang telah disempurnakan dari OS sebelumnya.

Ada beberapa perubahan besar atau pun perubahan kecil yang membuat Jelly Bean terlihat lebih ‘manis’ dibanding Ice Cream Sandwich (ICS), berikut merupakan beberapa perubahan besar dari Jelly Bean.

  1. Aplikasi Google Now  merupakan aplikasi berbasis lokasi yang diklaim mampu memberikan banyak informasi kepada penggunanya, ini adalah salah satu fitur unggulan di Jelly Bean. Tak seperti sistem berbasis lokasi pada umumnya, Google Now dapat bekerja menggunakan search history dari browser, kalender serta lokasi pengguna. Hal ini diyakini dapat menghasilkan informasi yang lebih relevan untuk masing-masing pengguna. Misalnya, ketika pengguna sedang ada jadwal meeting disuatu tempat. Google Now akan membantu Anda untuk mengingatkan agar datang tepat waktu dengan menginformasikan estimasi lama perjalanan, jadwal bus untuk sampai ke tempat tujuan, dan lain-lain.
  2. fitur Face Unlock dengan Liveness Check, face unlock memang bukanlah hal yang baru pada Jelly Bean, karena fitur ini telah diperkenalkan pada Ice Cream Sandwich. Face Unlock dapat dengan mudah dikelabui menggunakan foto. Oleh karena itu pada Jelly Bean.Google menambahkan fitur Liveness Check yang mengharuskan pengguna untuk mengedipkan matanya untuk membuka kunci layar. Jika pengguna tidak mengedipkan mata, Jelly Bean akan mengharuskan anda untuk memasukkan password atau pola sesuai denan pengaturan yang anda lakukan saat fitur face unlock diaktifkan.
  3. Barrel Roll, sebagai bagian dari fitur unik Jelly Bean, anda dapat melakukan trik barrel roll yang merupakan upaya Google untuk memamerkan kelebihan yang dimiliki oleh browser yang dimilikinya dengan menunjukkan efek menggelindingkan halaman situs yang sedang dikunjungi layaknya sebuah roda.
  4. Efek Hujan Jelly Bean, selain fungsi yang serius, anda juga bias mendapatkan efek hujan Jelly Bean yang lebih ditujukan untuk hiburan. Untuk memulainya cukup dengan masuk ke pengaturan about phone dan lakukan tap beberapa kali pada pada keterangan android version yang terdapat disana.

Untuk beberapa perubahan kecil pada Jelly bean, berikut merupakan penjelasanya.

  1. Project Butter, pada Android ICS sebenarnya Project Butter  sudah cukup mempesona dengan tingkat responsifitas yang lebih baik, namun Jelly Bean menawarkan kenyamanan yang lebih baik karena tak hanya mengubah tampilan Android lebih menarik, namun diklaim juga dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan System on Chip (SoC) pada tiap-tiap ponsel.Google mengklaim ada 3 hal yang membuat Project Butter tampil mempesona, Vsync untuk anti flickr, lalu Triple Buffering untuk mengoptimalkan OpenGL, kemudian optimalisasi pada prosesor untuk meningkatkan responsifitas ponsel. Jadi bukan cuma sentuhan saja yang direspon dengan cepat, Jelly Bean juga membuat perpindahan aplikasi semakin smooth.
  2. Ukuran Widget terlihat elegan, widget kini semakin cerdas. Mereka kini dapat menyesuaikan ukuran secara otomatis dengan space yang tersisa di layar. Sehingga widget berukuran besar sekali pun akan tetap lebih sedap dipandang.
  3. Notifikasi kini lebih pintar, contohnya bar notifikasi yang ada di Jelly Bean yang dibuat lebih pintar. Katakanlah ketika pengguna mendapat panggilan tak terjawab, maka untuk menelpon kembali melalui bar notifikasi tersebut. Pada Jelly Bean anda dapat mematikan notifikasi pada beberapa aplikasi yang menurut anda mengganggu tanpa harus melakukan uninstall pada aplikasi tersebut.
  4. Pencarian dengan Suara makin canggih, memang, sudah sejak lama pengguna bisa melakukan pencarian web dengan perintah suara di Android, tapi kini fitur tersebut dibuat lebih pintar dengan kemampuan menjawab.
  5. Tampilan Galery Foto Diperbarui, pada Android ICS pengguna sudah ditawarkan mengambil gambar tanpa lag serta kemampuan Burts yang memukau, di Jelly Bean pembenahan justru dilakukan pada aplikasi galery foto.

Setelah mengetahui sedikit banyak tentang apa itu Jelly Bean, maka semua itu kembali kepada kemampuan Brainware dalam memaksimalkan kelebihan yang dimiliki Operasi System.

Jumlah kunjungan: 619 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.