Yayasan Universitas labuhanbatu bekerja sama dengan Impreneur Indonesia dan kampus Wirausaha mengadakan seminar Nasional entrepreneurship di hari Momentum Peringatan hari Sumpah Pemuda sabtu, 28 oktober 2017.
Acara seminar Entrepreneurship ini mengusung tema menjadi pengusaha sebelum wisuda selenggarakan di Yayasan Universitas Labuhanbatu yang dihadiri sekitar 1000 peserta terdiri dari mahasiswa, pemuda dan pelajar yang ada di kabupaten labuhanbatu.
“ Mahasiswa masa kini sudah harus memikirkan bagaimana menciptkan lapangan pekerjaan untuk orang lain sebagai wujud dari tri dharma perguruan tinggi, mahasiswa diharapkan sebagai motor penggerak ekonomi dari sektor UKM, mengingat sempitnya lapangan pekerjaan sehingga mahasiswa dituntut mampu untuk berwirausaha. Dan banyak cara bagaimana memperingati momentun hari sumpah pemuda 28 Oktober 1928. dan Impreneur Indonesia memilih berkomitmen dalam gerakan sejuta pengusaha muda dan gerakan ini bertujuan setiap tahunnya akan menciptakan 1000 pengusaha muda. Dan untuk mengawali gerakan ini, maka diadakan Seminar Nasional Entrepreneurship Menjadi Pengusaha Sebelum Wisuda. Dan Setelah Acara Seminar ini tentunya peserta ini akan kita bimbing sampai memiliki bisnis sendiri oleh mentor- mentor yang sudah berpengalaman melalui pelatihan dan workshop yang akan kita sediakan” disebutkan oleh ketua umum impreneur Indonesia Dani Ramadhan.

Berkaitan dengan Tema Acara “menjadi pengusaha sebelum wisuda”, Impreneur Indonesia menghadirkan Pemuda Asal Kisaran,Yang Juga Berstatus Aktif Sebagai Mahasiswa Strata 1 Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Medan,yaitu Juan Utama Batubara yang merupakan CEO & Founder Allco Pomade sekaligus Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Medan ,dan juga Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Negeri Medan (HIPMI PT UNIMED).Dalam PemaparannyaIa menyatakan bahwa Sumpah Pemuda 1928 mampu mengalahkan kekuatan kolonialis dan imperialis.Namun saat ini, Bangsa Indonesia menghadapi perang yang lebih dahsyat yaitu penguasaan ekonomi suatu bangsa oleh bangsa lain.

Juan mengatakan peringatan Sumpah Pemuda harus terus digelorakan oleh para pemuda dan para tokoh muda di semua tingkatan. Salah satunya dengan cara menjadi Pemuda yg mandiri dan mampu membuka lapangan pekerjaan.
“Ia menegaskan kemajuan Indonesia dinilai tergantung pada generasi muda bangsa.
Pada era yang penuh tantangan, tekanan sosial budaya global dan persaingan ekonomi, kata Juan, generasi muda harus mempersiapkan dan membekali diri untuk kemajuan bangsa. Ia mengatakan itu di hadapan 1000 peserta Seminar Nasional Kewirausahann “Menjadi Pengusaha Sebelum Wisuda”di Universitas Labuhan Batu, Rantau Prapat , (28/10/2017). Saran saya jika ingin merubah nasib menjadi lebih baik, harus serius mempraktekkan terus keinginan mereka untuk jadi pemuda yang mandiri ,bahkan harus memiliki 1 unit usaha ketika masih kuliah ,mengapa pas kuliah?karena momentum kuliah ini adalah momentum yg sangat pas,anda belum berkeluarga,anda belum banyak beban dan tanggungan,umur masih muda,resiko masih d tanggung sendiri,secara kerugian jika anda bangkrut,anda tidak akan merugikan orang lain,coba ketika anda sudah berkeluarga, dan anda bangkrut,pasti mertua,istri akan marah kepada anda dan menyalahkan anda,kemudian di kampus ada puluhan ribu mahasiswa .masa sih iya dari puluhan ribu gak ada yg beli produk anda,sungguh sangat menyesal lah jika anda tidak berwirausaha ketika sedang dalam masa studi kuliah.

“Setiap seminar, saya selalu katakan pada peserta untuk segera action di masa studi ,baik itu Yg SMA atau Kuliah. Jangan banyak berpikir. Sebab jika terlalu banyak berpikir, maka ketakutanlah yang akan muncul. Buang pikiran negatif, langsung bertindak. Gagal itu biasa, tapi jangan menyerah untuk mencoba lagi, itu baru luar biasa ” sambungnya.

Sebelumnya, Nanang, mahasiswa semester 7 asal Kisaran, Fakultas Hukum Universitas Labuhan Batu, mengaku termotivasi setelah mengikuti seminar yang dibawakan Juan Utama Batubata.
Meskipun baru sekali mengikuti seminar , laki laki ini ingin menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan dan mampu mandiri secara financial, “saya ingin menjadi orang yang lebih baik lagi dan ingin membahagiakan kedua orangtua bang. Ilmu yang di bawakan bang juan ketika saat seminar, akan saya praktekkan usai semua yang saya rencanakan tersusun dengan jelas bg.ungkapnya, usai mengikuti seminar di Aula Universitas Labuhan Batu

Jumlah kunjungan: 6 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.