Kreatifonline.com, Unimed – -Universitas Negeri Medan kali ini menjadi perwakilan tuan rumah Perguruan Tinggi Negeri Provinsi Sumatera Utara dalam Forum Rapat Kerja Nasional Wakil Rektor II PTN se-Indonesia. Pertemuan yang akan berlangsung selama tiga hari ini, 16-18 September 2016, akan membahas mengenai permasalahan WR II terkait pengelolahan anggaran universitas.
“Jadi, ini kan forum konsultasi WR II antar perguruan tinggi. Membahas masalah (keuangan) di setiap Perguruan Tinggi Negeri,” ujar WR II Unimed, Dr. Restu, MS di sela-sela malam silahturahmi WR II PTN se-Indonesia
Kepada reporter Kreatif, Edward Bolok,WR II Universitas Negeri Gorontalo selaku ketua Forum Rapat Kerja Nasional menyampaikan bahwa PTN memiliki otonomi sebatas regulasi dibawah pengaturan kemenristekdikti yang sudah ditetapkan dalam hal pelaporan keuangan melalui imonef.
“WR II mengelolah tentang keuangan dan administrasi tentang organisasi. Jadi kita membahas tentang regulasi terkini. Dari kementerian terkait, baik Kementerian Menristekdikti maupun Kementerian Keuangan, nah disesuaikan dengan implementasi yang kita lakukan di PTN, kira-kira apa yang menjadi hambatan dan kendala, kemudian itu kita rumuskan bersama solusinya seperti apa.”
Di tengah pendanaan pemerintah yang menurun, perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan output terkait dengan kwalitas dan mutu anggaran. Di sisi lain, PTN juga tidak boleh membebani mahasiswa. Untuk itu efisiensi anggaran harus dilakukan. Hal ini menjadi tantangan bagaimana memanfaatkan segala potensi yang ada agar PTN bisa bekerja dengan baik serta bisa mendapatkan kinerja dan output yang memuaskan.
Forum ini menghadirkan Direktorat Anggaran dalam membahas anggaran negara yang sedang mengalami pengetatan agar WR II bisa melakukan penyesuaian dalam hal melaksanakan program-program Tri Dharma PTN.
“Karena kadang-kadang tanpa disadari ketidaktahuan atau kesilapan bisa bermasalah hukum. Oleh karena itu, dengan forum ini kita coba sharing pengalaman di masing-masing PTN, mudah-mudahan itu saling mengisi pekerjaan kita,” ujar Dr. Restu, MS kemudian.

Jumlah kunjungan: 73 kali

2 Responses

  1. Anne

    Hi, all is going sound here and ofcourse every one is sharing facts, that’s really fine, keep up writing.

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.