Medan – Kreatifonline.com– Anda tentu masih ingat mengenai peristiwa terbakarnya pesawat Mandala Airlines boeing 737-200 tujuan Medan-Jakarta. Saat itu, Gubernur Sumut Tengku Rizal Nurdin hendak bertemu presiden dan mantan gubernur Sumur Raja Inal Siregar. Dan pada kecelakaan itu juga terungkap bahwa ditemukan keberadaan durian sekitar 2 ton yang sempat menjadi perdebatan antara pihak mandala airlines dan DPR. Namun bukan mengenai perdebatan itu durian medan menjadi kontroversial, hanya saja aroma durian tersebut sangat menggoda dan memikat siapapun yang menginjakkan kakinya ke kota ini.
Siapa yang tidak kenal dengan buah durian, si kontroversial yang di gemari hampir semua orang. Kulitnya yang keras, berlekuk-lekuk tajam dan beraroma khas, inilah yang membuat buah dengan gelar “ king of fruit” ini menjadi ikon buah yang unik dan tidak biasa. Nah, bicara mengenai durian, Indonesia menjadi salah satu daerah pertumbuhan durian (Durio zibethinus) yang tentunya menjadikan buah ini sebagai produk lokal yang khas, selain Filipina, India, Kamboja, Laos, Vietnam dan beberapa negara tropis lainnya.
Lalu ketika bicara mengenai durian dengan kualitas tinggi, maka Medan patut berbangga menjadi kota yang terkenal dengan aroma surga dari sang raja buah. Ucok Durian, merupakan salah satu gerai terkenal yang menyajikan durian yang tentunya memiliki harga berbeda setiap ukuran dan rasanya, juga tergantung pada musimnya. Di gerai ini, anda tidak perlu repot memilih buah berkulit tajam tersebut, namun hanya cukup duduk manis dan menunggu karyawan di gerai ini membawakan buah pesanan anda. Anda khawatir apabila durian yang disajikan busuk? Oh tunggu dulu, di gerai ini buah durian yang busuk akan diganti dengan buah baru dan tentunya tanpa mengeluarkan sepeser uang pun untuk mengganti buah tersebut.
Razi, salah satu kepercayaan Bang Ucok, sang pemilik gerai mengatakan bahwa durian-durian ini selalu ada di setiap musim karena mereka memiliki banyak agen yang akan mengirimkan buah-buah durian tersebut ke gerai mereka. Agen-agen ini tersebar dari berbagai daerah, seperti daerah sidikalang, siantar bahkan sebagian juga dikirim dari Aceh. Namun beliau mengatakan buah durian yang mendominasi disini berasal dari daerah sidikalang. “ hampir seluruh hutan di sidikalang ditumbuhi oleh durian, makanya buah durian disana tidak pernah habis. Selain itu rasanya juga manis dan bagus kualitasnya” tutur Razi.
Mita, salah satu wisatawan yang menjadi pengunjung gerai sore itu juga mengakui kualitas durian medan yang sangat lezat.
“ Teman-teman selalu bilang durian Medan itu beda, saking penasarannya akhirnya aku minta diajakin disini. Pokoknya daging duriannya itu legit, puas deh…” katanya sambil menikmati jam santai bersama teman-temannya yang lain.
Tidak heran jika gerai ini dibuka selama dua puluh empat jam setiap harinya, sehingga pengunjung dapat menikmati manisnya durian kapan saja. Pengunjung yang datang selalu ramai dan berbondong-bondong dan tentu mereka juga berasal dari bermacam-macam kalangan. Bahkan gerai ini juga sering dijadikan lokasi syuting kuliner oleh beberapa artis, dan tepatnya 27 Maret lalu, rombongan presiden SBY yang mengunjungi korban sinabung tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan durian di gerai ini.
Wow! Apakah Durian Medan memang membuatmu penasaran? Ayo langsung saja datang ke Gerai durian paling terkenal yakni Ucok Durian di Jalan Wahid Hasyim yang tidak jauh dari persimpangan Jalan Gajah Mada Medan.
Bicara mengenai harga? Jangan khawatir, harga satu buah durian sangat sebanding dengan rasa yang disuguhkan. Harga saat sedang tidak pada musimnya seperti saat ini berkisar Rp. 25.000/ buah hingga Rp. 50.000/ buah, tergantung ukuran dan tentunya anda dapat menawarnya terlebih dahulu. Dijamin anda akan ketagihan dengan rasa durian Medan!

Jumlah kunjungan: 1233 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.