Kreatifonline.com, Unimed – 6/9 Majelis Permusyawaratan Rakyat kembali mengadakan MPR Goes To Campus 2016. Salah satu kampus tujuan ialah Universitas Negeri Medan. Kegiatan yang dilaksanakan pada berupa diskusi kebangsaan bertema Tata Cara Perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bertempat di Gedung Serba Guna Unimed, diskusi diisi oleh Martin Hutabarat, SH sebagai Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR, Ruhut Sitompul, SH dan Dra. Hj. Okky Asokawati sebagai anggota badan pengkajian MPR, narasumber dari Universitas Negeri Medan, dekanan, serta ratusan mahasiswa. Dalam kata sambutannya, Martin Hutabarat menjelaskan bahwa MPR ingin mendengarkan suara masyarakat, khususnya lingkungan kampus. “MPR ingin mendengarkan suara masyarakat mengenai perlunya perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia”, tutur Martin.

Diskusi berjalan hangat, dengan umpan balik yang diberikan kepada peserta diskusi. Beberapa mahasiswa melontarkan pertanyaan. Narasumber menjawab dengan tenang. “Perubahan harus dipikir matang-matang, pasal berapa yang akan disepakati sesuai dengan peraturan yang berlaku, salah satunya harus disepakati satu pertiga dari seluruh anggota MPR” papar Martin.

Diskusi dihiasi dengan gelak tawa di beberapa kesempatan. Narasumber lain, Ruhut Sitompul menjawab beberapa pertanyaan dengan ‘jargon’ khas Medan. Beberapa ‘comic’, sebutan untuk para stand up comedy juga mengisi diskusi, salah satunya Immanuel Prasetya Ginting yang merupakan dosen Fakultas Bahasa dan Seni.
Menurut salah satu mahasiswa jurusan matematika, Zydny Rizki, diskusi kebangsaan ini merupakan acara yang menarik. “Diskusinya menarik karena melalui diskusi ini mahasiswa lebih disadarkan terhadap peran dan fungsi MPR.”

Jumlah kunjungan: 89 kali

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.