Medan – Kreatifonline.com – Program studi pendidikan bahasa jerman dengan komunitas DerDieDas (Rumah Komunitas Kreatif Mahasiswa Bahasa Jerman) kembali mengadakan kegiatan bagi mahasiswa guna berkarya guna mengembangkan potensi diri di bidang seni dan sastra. adapaun kegiatan yang dilaksanakan adalah Pagelaran Karya Seni dan Sastra Jerman atau yang disebut dengan nama Deutschewerke dengan tema Kreatifitas Jerman Tanpa Batas yang dilaksanakan pada tanggal 15 maret 2014 di Taman Budaya Sumatera Utara, Kota Medan.
Kegiatan ini dimeriahkan seluruh mahasiswa bahasa jerman Universitas Negeri Medan dan Universitas HKBP Ncmensen Pematang Siantar, seluruh guru bahasa Jerman SMA dan siswa-siswi SMA yang belajar bahasa Jerman di kota Medan, para stakeholder Jerman di kota Medan, Lembaga Pendidikan Bahasa, budayawan, serta pelaku industri wisata kota Medan.
“Saya bangga bila mahasiswa bahasa Jerman terus menunjukkan kreatifitasnya seperti ini dan menunjukkan bahwa mahasiswa bahasa Jerman bukan hanya jago kandang dan kita menunggu karya-karya berikutnya dari mahasiswa bahasa Jerman”kata Pak Ahmad Bengar Harahap selaku Ketua Program Studi bahasa Jerman juga sangat berperan penting dalam memotivasi mahasiswa untuk terus berkarya dan beliau jugalah yang mencetuskan ide untuk dilaksanakannnya pergelaran karya seni Jerman ini.

“Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya, meningkatkan kesadaran pentingnya pengembangan dan pematangan minat bahasa jerman agar menjadi bagian peluang dan modal dimasa depan selain sebagai tenaga kependidikan, meningkatkan pengetahuan masyarakat kota Medan tentang kebudayaan Jerman, pewacanaan pentingnya berpikir kritis untuk menjadikan bahasa jerman sebagai bahasa yang berpengaruh dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan sebagai motivasi dalam meraih cita-cita, serta menjadikan kegiatan ini sebagai momen untuk memulai serta menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholer terkait untuk bersama-sama mendukung setiap kegiatan mahasiswa bahasa jerman” imbuh Novul, ketua panitia dalam kata sambutan yang di sampaikan di hadapan peserta yang hadir.
Penampilan setiap komunitas komunitas seni dan sastra bahasa Jerman yang merupakan hasil pembinaan dari Rumah Komunitas DerDieDas, mulai dari pembacaan puisi terkenal karya tokoh puisi Jerman Johann Wolfgang von Goethe oleh Komunitas Sastra, tarian tradisional Volka dan tarian Bavarian oleh komunitas Tari, pagelaran musik genre pop Jerman oleh komunitas musik, penampilan drama dan juga tak ketinggal juga penamilan kabaret Schneewitschen, dongeng terkenal karya Grimm bersaudara. Dalam kegiatan ini mahasiswa bahasa Jerman Universitas HKBP Nomensen juga turut membacakan karya puisi terkenal Jerman, Komunitas Kepal Revolusi yang merupakan puisi Kritik Negeri dan pembacaaan puisi “Tak Tik Tok” oleh Dosen Bahasa Jerman, bapak Ahmad Bengar Harahap.
Dan menurut panitia acara ini ada kurang lebih 700 orang peserta yang turut hadir menonton acara ini. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 5 jam ini berjalan dengan lancar dengan antusiasme penonton yang luar biasa.

Jumlah kunjungan: 741 kali

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.