Kreatifonline.com–  Setiap manusia normal pasti memiliki masalah dalam kehidupan. Pilihan solusi yang harus diambil adalah dengan menyelesaikannya. Tetapi bagaimana jika dalam usaha menyelesaikan masalah tersebut kita mengalami kesulitan? Nah, salah satu cara yang sangat membantu adalah dengan menceritakan kegundahan kita kepada orang lain yang bisa dipercaya dan mampu memahami masalah tersebut. Terlebih, keadaan psikologis yang tidak dikelola dengan baik justru akan menambah beban pikiran dan cenderung membuat kita semakin stress atau bahkan tingkat yang lebih parah yaitu depresi.
Bagi kamu yang mengalami permasalahan namun tidak tahu harus berkonsultasi dengan siapa, tidak perlu khawatir karena kini di Kampus Hijau telah didirikan Pusat Konsultasi (Councelling Centre) yang tidak hanya ditujukan untuk pelayanan konseling bagi mahasiswa tetapi juga bagi masyarakat umum di luar lingkungan Unimed. Pusat Konseling yang didirikan pada bulan Desember 2013 lalu ini bertujuan untuk membantu klien dalam menghadapi problematika yang menyangkut Kehidupan Efektif Sehari-hari (KES) agar kehidupan mejadi lebih harmoni, bahagia, dan efektif.
“Tergerak oleh tidak mencukupinya pelayanan konseling di tiap fakultas. Maka, Concelling Centre ini didirikan. Merupakan bias dari cita-cita Universitas Negeri Medan sendiri yaitu menempah calon-calon guru yang profesional. Selain menjadi pengajar, mereka juga nantinya akan menjadi pendidik yang harus mampu mengenal psikologis siswanya, dengan demikian seorang calon guru harus memiliki psikologis yang baik pula.” ujar Prof.Dr. Sri Milfayetti selaku tim Konselor ahli di Councelling Centre Unimed saat diwawancarai tim Kreatif.
Meskipun baru berdiri selama 2 bulan, namun Councelling Centre Unimed sudah menerima ribuan klien baik dari kalangan mahasiswa maupun umum. Klien wajib disini ialah mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling, sedangkan klien khusus yang sudah ditangani ialah seluruh tenaga Cleaning Service Unimed.Hal yang biasa dikonsultasikan para klien pun beragam mulai dari masalah akademis, pekerjaan, keluarga, pasangan, dan masalah pribadi lainnya.

Pusat konseling ini juga sering memberikan motivasi bagi para atlet Unimed yang akan bertanding agar mereka lebih rileks dan percaya diri.
Di Pusat Konseling ini, klien akan diberikan saran untuk pemecahan masalah oleh para Konselor dan jika belum berhasil sampai disitu maka klien akan menjalani terapi khusus seperti terapi menghilangkan trauma untuk tingkat masalah yang lebih berat. Nah, selain masalah atau kesulitan, ternyata kebahagiaan juga perlu untuk kita konsultasikan karena rasa gembira dan bahagia juga bagian dari psikologis manusia.
“Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa konseling selalu berhubungan dengan problem dan stres padahal rasa senang juga bisa kita ceritakan kepada orang lain. Disini saya diberi motivasi, misalnya dalam meningkatkan prestasi belajar.” Tutur Hilda Malau, salah seorang klien yang juga berstatus mahasiswaJurusan Psikologi di Universitas Medan Area.
Selain menjadi pusat konsultasi, Concelling Centre Unimed juga telah membantu menyiapkan psikologis para relawan yang merupakan mahasiswa Unimed sebanyak 100 orang untuk mengajar anak-anak korban letusan Gunung Sinabung menjelang Ujian Nasional 2014. Di tempat ini juga sedang dididik dan dilatih 32 orang calon Konselor dari jurusan Bimbingan Konseling Unimed, dan pada bulan Maret 2014 akan diadakan event besar sekaligus sosialisasi tentang Concelling Centre agar lembaga ini lebih dikenal oleh masyarakat, khususnya di lingkungan Universitas Negeri Medan.
Concelling Centre Unimed berkantor di Gedung Perpustakaan Lama, lantai dasar. Buka setiap hari Senin-Jumat pada jam kerja.

Biaya konsultasi gratis bagi mahasiswa dan pegawai Unimed sedangkan untuk umum dikenakan tarif khusus. Tim ahli yang akan menangani klien di tempat ini terdiri dari 4 orang konselor yakni Prof.Dr. Milfayetti MS. Kons, Dr. Rosmala Dewi M.Pd. Kons, Dr. Rahmulyani M.Pd. Kons, dan Dr. Pasteris Sembiring. M.pd. Kons. Mereka adalah para Konselor yang berpengalaman di bidangnya, bersertifikat nasional sehingga klien tidak perlu khawatir untuk datang berkonsultasi. Dengan membuat janji terlebih dahulu, maka segala curahan hati klien akan didengar lalu diberi solusi dan motivasi untuk menjalani masalah kehidupan sehari-hari.

Jumlah kunjungan: 447 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.