Kreatifonline.com, Unimed – Unimed, (8/11). Sebagai satu-satunya sentra UKM (Usaha Kecil Masyarakat) di Sumatera Utara, UNIMED mengadakan Seminar Nasional dan Expo di pelataran Digital Library Unimed dalam konsep pengadaan Kampung UKM Digital. Adapun rangkaian acara yang berlangsung selama 2 hari yaitu, di hari pertama pembukaan oleh wakil rektor 1 Universitas Negeri Medan, penampilan kreatifitas mahasiswa fakultas bahasa dan seni UNIMED, serta expo produk-produk UKM perwakilan dari 6 kabupaten/kota binaan UNIMED. Di hari kedua, akan dilaksanakan Seminar Nasional bagi dosen-dosen yang bergabung dalam lembaga pengabdian masyarakat dari seluruh Indonesia. Pembicara yang akan dihadirkan, yakni Menteri Tenaga Kerja, Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat (DIKTI), Rektor UNIMED, dan Praktisi Enterpreuner oleh Bapak Slamet, seorang pengusaha produk puyuh.
Selain itu menurut penjelasan ketua panitia, Dr. Didi Wahyudi, pada hari kedua akan diadakan penandatangan kesepahaman antara 6 lembaga (Menteri Tenaga Kerja, BNI, TELKOM, UNIMED, dan Percontohan awal diwakili oleh bupati Deli Serdang) serta launching situs blanja.com, yang akan didigitalisasi salah satunya UKM dari Pantai Labuh-Deli Serdang, dengan produk kopi melinjo. Adapun lembaga-lembaga yang bekerjasama dalam membina pengabdian masyarakat dengan UNIMED, diantaranya Asosiasi Pemandu Wirausaha dalam membantu menyediakan modal bagi UKM dan Telkom sebagai agensi pemasaran online, serta BNI sebagai media transaksi pembayaran. Dalam Hal ini, UNIMED akan membantu mengembangkan produk melalui pembinaan dosen-dosen yang akan terjun ke lapangan untuk membina UKM-UKM.
Dalam pembukaannya wakil rektor I, Prof. DR. Abdul Hamid, M.Pd., beliau sangat berterimakasih kepada panitia acara. “Luar biasa kerja panitia dalam mengembangkan penelitian dan pengabdian. Mudah-mudahan hasil kerja kita , UNIMED bisa meraih akreditasi A. Kita akan menjalankan visi Pak rektor, ” jelas beliau. Semua kegiatan ini mengarah pada apresiasi terhadap hasil pengabdian masyarakat oleh dosen-dosen, baik di dalam maupun dari luar Universitas Negeri Medan. Juga terkait untuk mencapai visi misi UNIMED mengenai rekayasa industri, sehingga untuk seminar dan expo tahun ini mengambil topik kewirausahaan.

Jumlah kunjungan: 50 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.