Kreatifonline.com – Medan – Banyak mitos yang mengatakan bahwa sekali terkena cacar air maka tidak bisa terkena cacar air ntuk kedua kalinya, apakah itu benar? Jika anda sudah pernah terkena cacar air sebelumnya, memang jarang sekali timbul untuk kedua kalinya. Akan tetapi, hal ini bisa terjadi apabila daya tahan tubuh anda rendah.

Cacar air atau disebut juga “varicella” adalah penyakit yang biasa didapat pada anak-anak dan disebabkan oleh Varicella zoster virus (VZV). Gejala yang timbul biasanya disertai dengan gelembung-gelembung kecil berisi cairan. Mengapa bisa timbul untuk kedua kalinya? Ini berkaitan dengan adanya virus “varicella” yang sebenanarnya tidaklah hilang dari tubuh melainkan tertidur didalam serabut saraf-saraf sehingga cacar air masih bisa timbul kembali meskipun jarang.

Biasanya infeksi yang sering terjadi untuk kedua kalinya pada individu yang pernah terkena cacar air adalah terkena Herpes zoster atau yang kita sebut cacar ular. jadi dengan kata lain, cacar air bukanlah penyakit yang diderita satu kali seumur hidup.

Jumlah kunjungan: 187 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.