Medan, Kreatifonline.com – Rafiqa Soraya Azhar, biasa disapa Aya adalah Mahasiswi jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Medan yang terpilih menjadi finalis Miss Indonesia 2012 lewat seleksi yang dilaksanakan di Jakarta bulan Februari lalu.

Menjadi seorang model bukanlah cita-citanya, melainkan hanya sebatas hobi. Hobinya berawal dari ketidaksengajaannya mendapati brosur tentang dunia model ketika Aya masih SMA. “Bisa menjadi seorang model seperti sekarang ini, semua saya peroleh sendiri secara otodidak dan belum pernah melalui agency model manapun.” Ujar Aya ketika diwawancarai.

Banyak prestasi yang sudah diraih oleh model berdarah Aceh ini. Pernah memperoleh juara II New Indonesia Model tahun 2008, menjadi finalis model Aneka Yess tahun 2009, menjadi Dara Persahabatan kota Medan tahun 2009 dan menjadi finalis Miss Indonesia 2012 yang berhasil terpilih sebagai Miss Kulit Tercantik 2012. Meski berprofesi sebagai model, Aya tidak bercita-cita menjadi seorang model melainkan ingin menjadi dosen. “Latar belakang keluarga saya bekerja di dunia pendidikan.” Jawab Aya ketika ditanya kenapa ingin menjadi dosen.

Meski lahir, tinggal dan besar di kota Medan, Aya tetap berdarah Aceh karena ayahnya yang bernama Drs. Azhar Umar MP.d berasal dari Lubuk Pidie Simpang Ulim, Aceh Timur. “Awalnya saya terpilih sebagai finalis Miss Indonesia 2012 yang mewakili Medan bersama rekan saya bernama Kastria Hutagaol. Namun pada seleksi selanjutnya saya gagal. Tapi saya tidak putus asa sampai disitu, mengingat saya masih berdarah Aceh maka saya mendaftarkan diri mewakili Aceh, alhamdulillah saya lulus mewakili Aceh.” Jawab Aya ketika ditanya kenapa memilih Aceh sebagai kota asal ketika ajang Miss Indonesia 2012.

Kegiatan Aya setelah terpilih sebagai Miss Kulit Tercantik 2012 adalah kuliah dan menjadi juri Fashion Show di kota Medan. Aya telah berjanji ingin berhijab setelah menjadi finalis Miss Indonesia 2012. Maka sekarang ini Aya hanya menerima tawaran menjadi model yang berhijab saja. Karena dunia model bukanlah cita-citanya. Selain bercita-cita menjadi seorang dosen Aya juga ingin memajukan wanita Indonesia baik yang berada di kota maupun di daerah pedalaman.

Jumlah kunjungan: 560 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published.